Artikel Terbaru

Info Unik

Prinsip Kerja Burung Terbang



Burung adalah anggota kelompok hewan bertulang belakang yang memiliki bulu dan sayap. Burung ada yang dapat terbang dan juga tidak. Mengapa demikian ? Pada artikel ini kita akan membahas sedikit alasan mengapa burung dapat terbang, khususnya dalam ilmu fisika.


Mengapa Burung Bisa Terbang ?

  • Agar sebuah benda bisa terbang, tekanan udara yang berada di atas permukaan benda tersebut harus lebih kecil dari pada bagin bawah. Jika diperhatikan airfoil yang dimiliki oleh burung, kita bisa melihat bahwa telanan di bagian atasnya lebih kecil di banding di bawahnya.
  • semakin cepat gerakan burung maka akan semakin tinggi terbangnya. Cara untuk mempercepat gerakannya adalah dengan mengepakkan sayapnya lebih cepat.

Prinsip yang ditemukan oleh ilmuwan Belanda bernama Daniel Bernoulli itu bisa menjelaskan proses atau prinsip kerja dari burung terbang dengan sangat baik. Berikut penjelasannya :




Dari persamaan yang berlaku untuk kasus fluida dinamis tersebut kita mendapatkan prinsip-prinsip penting mengenai hubungan antara tekanan fluida dengan kecepatan aliran fluida, yakni : 
“Semakin tinggi kecepatan aliran fluida, tekanannya akan semakin rendah. Sebaliknya, semakin rendah kecepaatan aliran fluida, tekanannya akan semakin tinggi”



Bentuk sayap burung didesain sedemikian rupa oleh Sang Pencipta agar bisa mengambil keuntungan dari prinsip di atas. Bentuknya yang aerodinamis memungkinkan aliran fluida (dalam hal ini udara atau angin) di bagian atas lebih tinggi daripada aliran fluida di bagian bawah. Hasilnya, tekanan udara di bagian bawah sayap akan lebih besar dibanding tekanan udara di bagian atas sayap. Burung pun akan terangkat ke atas karenanya.


Download Artikel : Prinsip Kerja Burung Tebang.docx

Download



Prinsip Kerja Burung Terbang Reviewed by Unknown on 06:48 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Sainsz © 2014 - 2017
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.