Artikel Terbaru

Info Unik

Tips Belajar Ala Sainz Blog




Belajar adalah aktifitas yang dapat memberikan kita ilmu. Entah itu ilmu yang baik atau ilmu yang buruk. Sebenarnya sih semua ilmu itu baik. Tapi karena ada "antonim", kalau ada ilmu yang baik pasti ada ilmu yang buruk. Semua orang ingin mendapatkan ilmu yang baik. Untuk mendapat ilmu yang baik kalain harus belajar dengan baik. Untuk belajar dengan baik silahkan baca tips-tips berikut ini :


1. Pastikan Kalian Punya Niat Belajar

Niat itu langkah pertama yang sangat penting sebelum kalian mulai belajar. Kalau kalian tidak punya niat, kalian pasti akan merasa tertekan dan terpaksa untuk belajar, Belajar dengan terpaksa itu seperti seseorang yang memberi makan kucing yang tidak mau makan, dan akhirnya makanan itupun akan dimuntahkan oleh si kucing. Nah begitu juga dengan belajar. Kalau kalian belajar dengan terpaksa, ilmu itu tidak akan diserap oleh otak, melainkan akan keluar dari otak degan seiring berjalannya waktu.


2. Belajar Itu Tak Kenal Situasi

Belajar itu bisa kapan dan diamana aja. Apapun yang sedang kalian lihat, lakukan dan dengarkan bisa jadi pelajaran buat kalian. Saat kalian terjatuh kalian akan belajar agar tidak jatuh lagi, saat kalian sakit kalian akan belajar agar tidak sakit lagi, dan saat kalian gagal kalian akan belajar agar tidak gagal lagi. Tapi kembali lagi pada diri kalian masing-masing. Apapun yang kalian lakukan, lihat maupun kalian dengarkan semua ada sisi positif dan negatifnya. Jadi, yang perlu kalian pelajari itu sisi positifnya aja.


3. Pastikan Tujuan Kalian Belajar Untuk Mendapat Ilmu

Setiap orang umunya belajar untuk mendapat ilmu. Tapi, sekarang ini sistem belajar sepertinya sudah tidak terlalu mementingkan ilmu yang di dapat melainkan nilai dari tes tulis. Setelah pembagian rapor sekoalah, yang orang tua kalian tanyakan adalah "Berapa nilamu nak?" atau "Kamu dapat juara berapa?" tidak ada yang menanyakan "Pelajaran apa aja yang kamu dapatkan selama belajar 1 tahun ?"

Ilmu yang kita pelajari itu tidak dapat diukur dengan nilai 0-100. Seperti kata seorang ilmuwan Albert Einsten "Jika kalian menilai ikan dari cara dia memanjat, selamanya kalian akan menganggap ikan itu bodoh". Maksudnya disini, jika kalian yang pintar matematika di tes dengan ilmu sejarah, maka selamanya nilai kalian itu akan rendah dan kalian pun akan dianggap bodoh. Jadi sekarang janganlah terlalu mementingkan nilai, apapun nilai yang diberikan orang lain, dia tidak tahu bahwa kita masih memiliki ilmu lebih dari nilai itu.


Sebenarnya masih banyah hal lagi yang ingin saya sampaikan untuk kalian. Tapi entah kenapa tangan ini tidak bisa menulis sesuatu yang ada di pikiran ini (lol :D). Jadi hanya 3 tips diatas yang dapat saya sampaikan untuk kalian. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel "Tips Belajar Yang Baik dan Benar". Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian.


Tips Belajar Ala Sainz Blog Reviewed by Unknown on 15:31 Rating: 5

2 comments:

All Rights Reserved by Sainsz © 2014 - 2017
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.