Artikel Terbaru

Info Unik

Kenapa Kita Tetap Capek Meskipun Sudah Tidur Cukup ?



Tidur adalah aktifitas yang dilakukan manusia kerana ngantuk. Ya, itulah kata-kata dari profesor yang namanya saya lupa. Profesor itu sudah meneliti tentang tidur selama kurang lebih 50 tahun. Tapi hingga 50 tahun tersebut profesor itu tidak mengetahui mengapa manusia itu tidur. Yang ia tau adalah "Manusia itu tidur karena dia ngantuk". Sampai saat ini penyebab manusia tidur masih menjadi sebuah misteri.

Dibalik misteri itu, tidur adalah kebiasaan yang memang kita lakukan saat sedang mengantuk. Ngantuk dapat disebabkan karena kita kelelahan. Biasanya tidur akan menghilangkan rasa lelah kita. Tapi pada kenyataannya, banyak orang yang tidurnya cukup yaitu sekitar 6-8 jam tetapi masih terasa lelah atau capek. Apa penyebabnya ?

Sama seperti halnya teks prosedur yang memiliki tahapan tertentu, tidurpun memiliki beberapa tahap. Tahapan atau tingkatan tersebut dibagi menjadi 4. Tingkat satu yaitu ketika mata kita tertutup sedikit tetapi bola mata kita masih bergerak dan otot-otot mulai melemas. Contoh dari tahap satu ini ketika kita sedang tertidur saat jam pelajaran sekolah atau tertidur saat mendengarkan khutbah jum'at. 

Tahap kedua adalah tahap dimana kita akan menuju proses tertidur lelap yaitu otak dan otot mulai rileks. Tahap ketiga yaitu tahap dimana kita sedang tertidur lelap. Tahap selanjutnya atau tahap keempat disebut R.E.M. Pada tahap ini bola mata kita bergerak dengan cepat dan biasanya pada tahap inilah terjadi yang namanya mimpi.

Terus apakah penyebab lelahnya kita walaupun sudah tidur cukup ? Penyebanya yaitu ketika kita tidur dan kemudian kita terbangun ditengah-tengah tahap tidur. Misalnya nih, kita tertidur kemudian tiba-tiba kita bangun di tahap kedua. Nah hal ini menyebakan tidur kita kurang sempurna. Walaupun kita sudah tertidur 8 jam tapi tidak tertidur sempurna yaitu tidak melalui 4 tahapan tidur, kita tetap akan merasa kelelahan. 

Yap, munkin cukup sekian artikel singkat tentang "Kenapa Kita Tetap Capek Meskipun Udah Tidur Cukup?". Kalau artikel ini masih kurang membantu, kalian bisa mencari lagi dari berbagai sumber karena pendapat setiap orang itu berbeda-beda. Jangan lupa share artikel ini keteman-teman kalian supaya mereka tahu alasan kenapa kita tetap cakep meskipun sudah tidur cukup.


Kenapa Kita Tetap Capek Meskipun Sudah Tidur Cukup ? Reviewed by Unknown on 16:37 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Sainsz © 2014 - 2017
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.