Artikel Terbaru

Info Unik

Query Processing Sistem Database



Artikel kali ini membahas tentang query processing. Sederhanya query processing merupakan apa yang dilakukan sistem database ketika kita menjalankan suatu query. Untuk itu sebelum masuk ke materi ini diharapkan kamu sudah mengerti tetang sql query. Jika belum berlalu paham tentang sql query dapat membaca artikelnya disini.

Sederhananya query processing terdiri dari 3 proses yaitu:

  1. Parsing and translation (penguraian dan translasi), parser akan mengecek syntax sql query apakah sudah benar atau belum kemudian translator akan mengubah query ke dalam bentuk aljabar relasional.
  2. Optimization (Optimisasi),
  3. Evaluation (Evaluasi).


Penjelasalan gambar: Query processing pertama kali dimulai ketika kita menjalankan query yang kemudian qeuery tersebut dieksekusi oleh sistem. Query yang dieksekusi diurakain pada proses parser dan translator kemudian query tersebut diubah ke dalam bentuk Relational Algebra/RAE (Aljabar Relasional).  Setelah itu, query yang sudah dibuah ke dalam aljabar relasional masuk ke proses optimization untuk dihitung cost atau lamanya waktu pemrosesan query. Perhitungan cost disini melibatkan statistik data untuk dapat mengetahui query apa yang sering diproses sehingga jika query yang sekarang sedang di eksekusi sama dengan query yang sering di eksekusi sebelumnya tidak perlu dihitung lagi costnya. Mengapa perlu dihitung costnya? karena satu query dapat ditranslasikan ke dalam beberapa aljabar relasional. Artinya aljabar relasional yang berbeda costnya pun berbeda. Cost yang diambil merupakan cost yang paling kecil. Jika sudah di dapatkan costnya kemudian akan dilakukan execution plan (rencana eksekusi). Query yang sebelumnya sudah diubah dalam bentuk aljabar relasional akan diubah lagi ke dalam bentuk query execution plan (QEP). Setelah itu masuk ke proses evaluation engine untuk mengambil data yang diinginkan dari database lalu data tersebut di outputkan ke user.


Aljabar Relasional


Aljabar relasional merupakan procedural languange yaitu bahasa yang memperhatikan urutan. Artinya prosesnya dilakukan secara berurutan. Aljabar relatsional sebenarnya merupakan query sql yang kita buat namun query sql yang kita buat tidak dimengerti oleh DMBS sehingga harus diubah kedalam aljabar relasional yang merupakan bahasa yang dimengerti oleh DMBS. Dalam aljabar relasional terdapat 6 operator dasar yaitu:

  1. Selection (σ)
  2. Projection ()
  3. Union (∪)
  4. Set Difference (−)
  5. Cartesian Product (x)
  6. Rename (ρ)


Query Processing Sistem Database Reviewed by Penulis Sainsz on 11:06 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Sainsz © 2014 - 2017
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.