Artikel Terbaru

Info Unik

Finlandia, Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik Dunia



Pendidikan adalah hal yang umumnya wajib kita tempuh untuk meraih masa depan kita. Pendidikan adalah tempat kita belajar mulai dari saat kita kanak-kanak hingga remaja. Oleh karena itu, pendidikan berperan penting untuk memajukan suatu masyarakat dalam sebuah negara. Jika sistem pendidikannya baik, maka negara itupun akan menjadi negara maju berkat sistem pendidikannya.

Finlandia, adalah salah satu negara di dunia yang memiliki sistem pendidikan terbaik. Sebelumnya, negara Finlandia tidak termasuk urutan terbaik dalam sistem pendidikan.  Namun beberapa tahun terakhir Finlandia menerapkan sistem pendidikan baru yang kahirnya membawa nama negara Finlandia dijajaran terbaik sistem pendidikan dunia.

Lalu, bagaimanakah sistem pendidikan di Finlandia itu ? Sistem pendidikan di Finlandia bisa di bilang sangat unik. Sistem pembelajarannya kalau di bandingkan dalam hal nilai sistem pendidikan di Indonesia masih lebih baik. Namun jika dibandingkan ilmu, tingkat kreatifitas dan lain sebagainya Indonesia masih jauh tertinggal dibanding Finlandia.

Faktanya waktu jam belajar sekolah di Finlandia antara 4-5 jam. Lebih singkat dibandingkan dengan Indonesia yang jam belajarnya sekitar 6-8 jam. Selain jam belajar yang singkat, sekolah di Finlandia juga melarang pemberian tugas atau pekerjaan rumah bagi siswa siswinya. Berbanding terbalik dengan Indonesia yang justru mewajibkan siswanya untuk diberi tugas.

Tugas pastinya adalah suatu yang wajib kita kerjakan. Suka tidak suka tetap harus kita kerjakan. Nah, di Finlandia siswanya tidak diberikan tugas agar mereka belajar dengan kemaunnya sendiri tanpa paksaan dari tugas. Sistem pendidikan di Finlandia juga tidak memebeda-bedakan kelas siswa nya dari segi nilai, hanya dari segi usia. Sehingga di sekolah SD-SMP di Finalndia tidak menerapkan ujian tertulis. Karena memang sistem penilaian dari ujan tertulis tidak mampu mengukur kecerdasan siswa yang sebenarnya.

Selain itu, ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui mengenai sistem pendidikan di Finlandia, yaitu sebagai berikut :
  1. Anak-anak yang menjadi penduduk disini tidak memulai sekolah sampai usia mereka 7 tahun.
  2. Yang pastinya akan sangat disukai pelajar kita, pendidikan disini tidak ada ujian dan pekerjaan rumah hingga usia mereka remaja.
  3. Kepintaran anak-anak tidak diukur sama sekali selama enam tahun pertama pendidikan mereka.
  4. Hanya ada satu tes standar wajib di Finlandia, yang diambil ketika anak-anak berada di usia 16 tahun.
  5. Semua anak, pintar atau tidak, diajarkan di kelas yang sama.
  6. Sejumlah 30 persen anak-anak menerima bantuan tambahan selama sembilan tahun pertama mereka sekolah.
  7. Sebanyak 66 persen siswa disini masuk ke perguruan tinggi.
  8. Kelas sains maksimal 16 siswa sehingga mereka dapat melakukan eksperimen praktis setiap kelas.
  9. Kelulusan pelajar di Finlandia dari sekolah tinggi mencapai 93 persen. Persentase ini 17,5 persen lebih tinggi dari Amerika Serikat.
  10. Siswa SMA Finlandia yang meneruskan ke sekolah kejuruan sebanyak 43 persen.
  11. Siswa sekolah dasar di Finlandia mendapatkan 75 menit dari istirahat dalam sehari dibandingkan rata-rata 27 menit di Amerika Serikat.
  12. Guru hanya menghabiskan 4 jam sehari di dalam kelas dan mengambil 2 jam seminggu untuk “pengembangan profesional”.
  13. Finlandia memiliki jumlah yang sama dengan guru diNew York City, namun siswanya jauh lebih sedikit. Sekitar 600.000 siswa dibandingkan dengan 1,1 juta di NYC.
  14. Sistem sekolah adalah 100% didanai negara.
  15. Semua guru di Finlandia harus memiliki gelar master, yang sepenuhnya disubsidi.
  16. Kurikulum nasional hanya menjadi pedoman luas.
  17. Guru dipilih dari 10% lulusan terbaik.
(di kutip dari : http://studieropa.com/24-fakta-sistem-pendidikan-terbaik-dunia-finlandia/)


Sistem pendidikan di Finlandia sudah dibuktikan keberhasilannya dalam pengukuran standar pendidikan internasional. Hal paling membedakan menurut saya antara sistem pendidikan Finlandia dan Indonesia adalah dalam sistem penilaian dan ujian tertulisnya. Banyak nya mata pelajaran dan sistem nilai di Indonesia membuat siswanya tidak bisa merasakan kesenangan dalam belajar. Siswa tidak diberikan kebebasan untuk belajar sesuai dengan minat dan hal yang disukainya. 

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel "Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia". Jangan lupa share ke teman-teman kalian agar mereka tahu bagaimana sistem pendidikan terbaik yang ada di dunia saat ini.

Finlandia, Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik Dunia Reviewed by Unknown on 17:35 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Sainsz © 2014 - 2017
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.