Artikel Terbaru

Info Unik

Memilih Jurusan Kuliah

Kuliah


Jika sekarang kalian adalah siswa Sekolah Menengah Atas atau Sekolah Menengah Kejuruan di tahun ketiga, maka tahun ini merupakan tahun penentu kelulusan sekaligus tahun penentu apakah kalian ingin melanjutkan pendidikan ke sekolah tinggi/universitas atau tidak.

Jika kalian memilih untuk melanjutkan ke Universitas, maka ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Salah satunya yaitu saat kalian memilih jurusan karena di jurusan ini lah kalian akan belajar banyak hal untuk masa depan kalian.

Ada banyak hal buruk yang akan terjadi jika nantinya kalian salah memilih jurusan. Mulai dari bosan dengan pelajarannya dan mungkin saja kalian nanti akan stress karena tidak mampu belajar di jurusan tersebut. Oleh karena itu ada beberapa tips yang mungkin dapat membantu kalian untuk memilih jurusan.

1. Tujuan

Tujuan disini maksudnya kalian harus menentukan ingin jadi apa kalian nantinya. Jika kalian ingin menjadi dokter, maka sudah pasti kalian harus memilih jurusan kedokteran. Jika kalian ingin menjadi programmer maka kalian harus memilih jurusan teknik informatika. Hal ini berguna agar kalian dapat mempelajari hal-hal yang nantinya harus dilakukan untuk pekerjaan kalian.

2. Passion

Pilihlah jurusan yang sesuai kemampuan serta minat dan bakat kalian. Jika kalian merasa masih belum mempunyai kemampuan untuk berada di jurusan tersebut akan tetapi kalian memiliki niat dan ingin berusaha, maka sebaiknya kalian memilih jurusan tersebut. Karena jika kalian belajar suatu hal yang belum kalian kuasai akan tetapi kalian menyukai pelajaran tersebut maka dengan niat dan usaha pasti kalian akan berhasil di jurusan tersebut.

3. Hasil

Kalian harus memikirkan hasil apa yang nantinya akan kalian dapatkan dijurusan tersebut. Maksudnya pekerjaan apa yang bisa kalian dapat di jurusan tersebut atau seberapa besar kemungkinan penghasilan yang akan didapatkan setelah lulus dari jurusan tersebut. Hal ini biasanya dijadikan alasan utam oleh orang tua untuk memilih jurusan bagi anaknya. Mereka ingin anaknya mendapatkan pekerjaan yang bagus dan mendapatkan penghasilan yang banyak. Memang benar tujuan kalian kuliah yaitu untuk menentukan pekerjaan apa yang akan kalian dapatkan akan tetapi hal tersebut jangan dijadikan sebagai alasan utama. Karena kemungkinan besar nantinya kalian akan stress belajar di jurusan tersebut. Oleh karena itu pilihlah jurusan sesuai dengan tujuan, minat dan bakat kalian.
Memilih Jurusan Kuliah Reviewed by Unknown on 06:47 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Sainsz © 2014 - 2017
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.